makanan sehat bagi orang sibuk

Makanan sehat bagi orang sibuk tidak hanya memperhatikan proses pengolahan yang praktis, tapi juga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tubuh membutuhkan makanan untuk memberikan energi saat beraktivitas. Sesibuk apapun Anda, sempatkan untuk makan makanan yang sehat sebagai upaya mendapatkan pola hidup yang sehat.

Cobalah Konsumsi Makanan Sehat Bagi Orang Sibuk Ini

Perkembangan zaman membuat orang-orang semakin sibuk dengan pekerjaannya. Banyak orang yang kemudian lupa untuk makan harus harus menyelesaikan tugasnya. Padahal, makan sangatlah penting untuk memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh. Berikut ini adalah tips sebagai solusi bagi Anda yang sibuk:

  1. Hindari Minum Kopi Terlalu Banyak
    Minum kopi secara berlebih dapat membebani kerja organ hati, meningkatkan risiko gula darah dan menyebabkan dehidrasi. Hari merupakan organ yang penting dalam membersihkan racun. Ketika organ hari terbebani maka Anda dapat terkena penyakit atau pertambahan berat badan yang signifikan. Sebagai penggantinya, Anda dapat memilih teh-teh herbal seperti teh pappermint, teh gingseng, teh hijau, teh akar dandelion, dan teh oolong.
  2. Minum Air Putih yang Cukup
    Tubuh membutuhkan mineral sekitar 8 gelas perhari, tergantung kebutuhan masing-masing orang. Mineral ini berfungsi untuk memperlancar pencernaan, meningkatkan kadar energi, dan konsentrasi dalam tubuh terjaga.
    Pastikan Anda tidak tidak sebelum makan karena akan menghalangi proses pencernaan. Selain itu, tidak dianjurkan untuk minum air dingin karena dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan konsentrasi usus serta lambung.
  3. Sarapan
    Sarapan dengan menu makanan sehat sangat penting untuk memberikan energi kita dalam beraktivitas hingga siang hari. Sarapan yang dianjurkan berupa makanan yang mengandung serat tinggi, mengandung karbohidrat kompleks tinggi, mengandung lemak dan kaya akan protein. Anda dapat menjadikan makanan tersebut sebagai sarapan yang sehat.
  4. Kurangi Mengonsumsi Makanan Kemasan
    Biasanya, makanan kemasan mengandung banyak pengawet, gula, pewarna buatan, garam, perasa buatan, penstabil dan bahan kimia lainnya. Bahan-bahan inilah yang membuat makanan kemasan kurang baik untuk kesehatan.
  5. Perhatikan Hasil Proses Makanan di Restoran
    Tidak ada yang salah dalam memesan makanan di restoran, namun Anda harus memperhatikan bagaimana cara pengolahannya. Hindari makanan yang diolah dengan digoreng, au gratin (ditaburi keju yang dipanaskan pada salamander) atau sauteed (dimasak kering dengan panas tinggi atau ditambahi lemak atau minyak). Makanan hasil pengolahan ini mengandung kalori dan lemak yang begitu tinggi.
  6. Hindari Mengonsumsi Alkohol
    Alkohol dapat berdampak buruk untuk kesehatan seperti menyebabkan dehidrasi, meningkatkan nafsu makan, dan membuat mabuk. Apabila Anda telah mengonsumsi satu gelas alkohol, maka minum segelas air putih untuk menyeimbangkannya.
  7. Jangan Telat Makan
    Makan malam sebaiknya dilakukan sebelum jam 8 agar tubuh dapat memproses makanan dan membersihkan racun dalam tubuh sehingga dapat mencegah pertambahan berat badan yang berlebih. Inilah aturan makan sehat yang harus Anda perhatikan.
  8. Hindari Makanan-Makanan Putih Hasil Olahan
    Makanan putih hasil olahan sudah mengalami berbagai proses hingga kandungan nutrisi dan serat berkurang banyak. Olahan tersebut antara lain pasta putih, nasi putih, saus putih, dan roti putih. Pilihlah nasi merah, roti gandum, ataupun saos tomat dibandingkan olahan putih.
  9. Makan Secukupnya
    Makan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, meskipun yang dimakan adalah makanan-makanan sehat. Sistem pencernaan akan melambat sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes. Oleh karena itu, cukup makan kenyang 80% kemudian berhenti. Apabila Anda merasa lapar, maka makanlah lagi 10 menit kemudian dengan porsi kecil.
  10. Siap Sedia Snack
    Aktivitas yang padat membuat terkadang membuat kita kehilangan waktu untuk makan. Untuk itu bawalah snack-snack sebagai makanan sehat bergizi ke mana pun, seperti sayur segar, buah yang dipotong kecil-kecil, oatmeal, jus, nutbar atau almond. Makanlah snack setiap 3 jam sekali untuk memenuhi kebutuhan gula darah dan mencegah makan dengan porsi yang berlebih nantinya.
  11. Makan Makanan Segar
    Makanan segar masih mengandung vitamin dan nutrisi yang lengkap serta berkualitas. Oleh karena itu, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang masih fresh, seperti ikan, sayur, buah, kacang-kacangan, daging, dan gandum.
  12. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
    Buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pilihlah sayur dan buah yang masih segar dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar zat-zat kimia yang menempel hilang.

Demikian makanan sehat bagi orang sibuk yang bisa dicoba agar tubuh tetap kuat dan berenergi.

10 Makanan Sehat Bagi Orang Sibuk Agar Tetap Kuat dan Berenergi
Show Buttons
Hide Buttons