cara mengatasi tidur mendengkur

Cara mengatasi tidur mendengkur bisa dilakukan dengan banyak cara. Ternyata, mengatasi dengkuran juga bisa dilakukan dengan cara alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan pilihan atau mengatur pola makanan sehat. Mendengkur adalah sebuah kondisi yang disebabkan karena aliran udara yang terhambat selama tidur. Hal ini bisa terjadi karena kelemasan atau pembengkakan pada otot lidah dan tenggorokan. Untuk mengatasi hal tersebut, makanan sehat yang tepat bisa menjadi alternatif pilihan.

Makanan yang Dapat Mengatasi Tidur Mendengkur

Beberapa makanan sehat bisa membantu menghentikan dengkuran saat tidur diantaranya madu, ikan, susu kedelai, dan juga kunyit. Sedangkan mengatur pola makanan sehat dengan mengurangi asupan karbohidrat juga bisa membantu mengurangi dengkuran:

  1. Madu
    Cara menghentikan ngorok dengan makanan yang pertama adalah dengan mengonsumsi madu. Madu merupakan bahan makanan alami yang mengandung sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Sifat ini juga bisa memberikan efek yang baik pada tenggorokan bengkak yang menyebabkan tersumbatnya aliran udara pernapasan saat tidur. Cara sederhana untuk menghentikan dengkuran dengan madu adalah dengan meminum segelas teh madu sebelum tidur. Selain itu, madu juga bisa membantu tidur lebih pulas dan berkualitas.
  2. Minyak Ikan atau Ikan
    Ikan adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan omega-3 dan omega-6. Kedua bahan ini adalah asam lemak yang baik untuk menghasilkan kolesterol yang baik (HDL) dan menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Mengonsumsi ikan akan memberikan efek yang baik untuk mencegah munculnya pembengkakan di daerah tenggorokan yang diakibatkan oleh timbunan lemak. Sehingga, dengan saluran pernapasan yang lancar, dengkuran juga akan bisa diminimalkan. Jika tidak suka ikan, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi minyak ikan. Kandungan omega-3 dan omega-6 dalam minyak ikan tentu lebih banyak daripada ikan itu sendiri.
  3. Susu Kedelai
    Cara agar tidur tidak ngorok dengan mengatur asupan makanan yang selanjutnya adalah dengan bantuan susu kedelai. Susu kedelai mengandung protein nabati yang lebih mudah dicerna oleh tubuh, tidak seperti protein susu sapi yang merupakan sumber protein hewani. Mengonsumsi susu kedelai dimaksudkan agar tubuh menerima asupan protein nabati sehat yang bisa menggantikan posisi susu sapi. Susu sapi adalah bahan makanan yang dinilai mampu menyebabkan dengkuran selama tidur karena protein hewaninya yang bisa mengakibatkan ketidaklancaran saluran pernapasan, terutama di bagian hidung. Oleh karena itu, untuk orang yang terbiasa minum susu sebelum tidur, ada baiknya mengganti susu sapi dengan susu kedelai.
  4. Kunyit
    Cara menghilangkan tidur ngorok secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi kunyit. Kunyit adalah tanaman herbal yang juga bersifat anti-inflamasi seperti madu. Selain itu, kunyit juga mengandung antiseptik dan antibiotik alami. Makanan yang bersifat anti peradangan dan mengandung antiseptik serta antibiotik bisa mengatasi pembengkakan di daerah tenggorokan. Sehingga, dengan hilangnya pembengkakan, pernapasan juga akan menjadi lancar.
  5. Batasi Konsumsi Karbohidrat
    Karbohidrat adalah senyawa dalam makanan yang mengandung gula. Walaupun karbohidrat bisa diubah menjadi energi, namun kelebihan gula di dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan hormon insulin. Akibat fatalnya adalah munculnya penyakit diabetes. Akibat kecilnya adalah muncul sebuah sindrom resistensi insulin dalam tidur yang disebut sleep apnea. Sleep apnea ini adalah penyebab seseorang bisa mendengkur. Oleh karena itu, untuk mengurangi dengkuran, mengurangi konsumsi karbohidrat adalah cara yang bisa dilakukan.

Itulah 5 cara mengatasi tidur mendengkur dengan makanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

5 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur dengan Makanan
Show Buttons
Hide Buttons