sakit gigi hamil saat hamil

Sakit gigi saat hamil sangatlah mengganggu karena segala aktivitas yang dilakukan terasa kurang nyaman. Pastinya Anda sering mendengar kata lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Padahal, sakit gigi sangat menyakitkan, bahkan untuk makan pun tidak enak. Terlebih saat sakit gigi datang pada wanita yang hamil yang seharusnya mendapatkan kenyaman.

Sakit Gigi Saat Hamil

Mengandung anak adalah masa yang sangat membahagiakan bagi seorang wanita karena mereka akan memiliki buah hati. Sudah sepatutnya jika kita menjaga kehamilan agar bayi kita bisa lahir dengan selamat. Hanya saja, ada beberapa penyakit yang bisa menyerang ibu hamil dan dapat berbahaya bagi janin. Salah satunya adalah sakit gigi. Sakit gigi dapat di alami oleh siapa saja dan jika Anda sedang mengandung maka harus lebih selektif dalam memilih pengobatannya, inilah yang harus dilakukan untuk memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil.

Penyebab Sakit Gigi

Masa hamil menjadi masa yang sensitif bagi seorang wanita sehingga kenyamanan sangat dibutuhkan di sini. Lalu bagaimana jika dalam masa ini kita justru mengalami sakit gigi? Sakit gigi yang sering menyerang ibu hamil adalah penyakit gusi sampai gigi yang berlubang. Berikut ini ada beberapa penyebab mengapa ibu hamil rawan mengalami sakit gigi:

  1. Perubahan Hormon
    Perubahan hormon pasti terjadi pada ibu hamil sehingga meningkatkan resiko peradangan pada gusi. Seringkali terjadi gusi yang membengkak hingga berdarah ketika menggosok gigi. Selain itu, ada penyakit periodontal yang berarti penyakit pada jaringan pendukung gigi. Hal ini disebabkan karena penanganan gusi yang tidak baik.

    Kondisi lain yang juga berkaitan dengan gusi adalah munculnya benjolan di gusi yang disebut sebagai tumor kehamilan atau epuli gravidarum. Penyakit ini menimbulkan ketidaknyamanan ketika berbicara atau bahkan membuat sulit makan. Perubahan hormon mempengaruhi kekebalan tubuh sehigga kurang dapat melindungi tubuh dari bakteri penyebab sakit gigi.

  2. Kekurangan Kalsium
    Kesehatan gigi bisa didapatkan dengan memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh. Asupan kalsium ini tidak hanya baik ketika masa bayi atau anak-anak, tapi juga masa kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan kalsium dapat mengalami gigi berlubang atau gagguan gigi lainnya.
  3. Muntah
    Cincin otot sebagai penjaga makanan di dalam perut menjadi lemah karena terjadi perubahan hormon kehamilan. Hal ini sering menyebabkan perut terasa mual dan akhirnya muntah. Muntah yang terjadi secara terus menerus membuat enamel gigi rusak dan resiko gigi berlubang meningkat.

Perawatan Gigi Saat Hamil

Lalu sakit gigi saat hamil minum obat apa? Pada umumnya, perawatan dan pengobatan sakit gigi saat hamil aman, baik untuk kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan. Biasanya dokter akan memberikan saran berupa perawatan gigi pada trimester pertama untuk menghindari gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan bayi karena trimester tersebut merupakan waktu optimal untuk bayi. Sementara, rahim menjadi lebih sensitif pada paruh terakhir trimester ketiga hingga dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

BACA JUGA: 6 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Apabila ada keadaan yang membutuhkan perawatan segera, seperti infeksi gigi atau gigi patah maka perawatan gigi bisa dilakukan selama masa kehamilan. Dokter gigi dan dokter kandungan akan melakukan diskusi untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan yang tepat untuk keadaan Anda sehingga aman bagi kesehatan bayi dan ibunya. Jika Anda mengalami sakit gigi pada masa kehamilan maka jangan sembarangan membeli obat karena kita harus tahu apakah pengaruh sakit gigi pada ibu hamil dan dampak obatnya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda berkonsutasi pada dokter gigi atau kandungan untuk penanganan yang baik dan aman ketika mengalami sakit gigi saat hamil.

Sakit Gigi Saat Hamil, Apakah Perlu Diwaspadai?
Show Buttons
Hide Buttons